Seorang yang berusaha menjadi pribadi yang lebih baik

Cara Menghemat Baterai HP

HP cerdas atau lebih akrab dengan sebutan smartphone sudah menjadi kebutuhan primer manusia di zaman ini. Siapa sih yang tidak mengenal HP smartphone ini? Anak kecil yang masih usia 5 tahun saja sudah banyak yang mengenal HP smartphone.

Bahkan saking ketergantungan dengan HP Android. Ada orang laper yang punya uang mepet tidak dibelikan makanan tapi malah dibelikan kuota internet. gokil kan gaes!

Semua android memiliki bentuk layar penuh (lebar) dan mengoperasikan banyak aplikasi yang kita butuhkan. Maka tidak heran jika baterai HP cepat habis.

Hal ini terjadi pada semua merk HP Android, baik merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, Advan, ataupun merk lainnya.

Saat anda sedang asyik menggunakan smartphone, pernah gak sich tiba-tiba ada notifikasi baterai HP lowbat? Ada perasaan jengkel tentunya, kog baterai HP saya boros ya?

Kalau itu masalah yang anda alami dalam penggunakan HP smartphone, maka anda perlu membaca artikel cara menghemat baterai HP Android berikut ini.

1. Cas HP Dengan Benar

Gambar cara ngecas HP yang benar

Kesalahan yang umum terjadi adalah menunggu sampai baterai betul-betul habis. Sangat disarankan mengecas HP di saat baterai masih beberapa persen, tidak harus menunggu sampai habis.

Selanjutnya, jangan mengoperasikan HP di kala sedang dicas. lebih baik anda biarkan sampai penuh dan mengecas dalam kondisi HP dimatikan

Dan ingat, jangan terlalu lama mengecas! Periksa baterai HP, jika sudah penuh segera cabut pengisian baterai.

Hal di atas jika masih dilakukan, maka dapat mengakibatkan baterai HP cepat rusak, salah satunya menjadi boros.

2. Gunakan Power Saving/Mode Hemat Daya

Gambar Mode Hemat Daya

Power saving salah satu menu yang disematkan dalam pengaturan HP android. fungsi dari vitur ini ya sesuai namanya.

Jika diaktifkan maka secara otomatis sistem akan berupaya menghemat daya baterai, entah dengan meminimalisir kecerahan layar HP, memperpendek waktu layar mati otomatis dll.

Untuk mengaktifkan mode hemat baterai ini, anda bisa:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Pilih menu baterai
  3. aktifkan mode hemat daya
  4. selesai

3. Jauhkan HP Dari Suhu Panas Berlebihan

Salah satu penyebab baterai HP boros adalah suhu HP yang panas, kondisi ini terjadi biasanya ketika terlalu lama maen game atau nonton film di youtube.

Penggunaan smartphone terlalu lama tanpa istirahat menyebabkan HP panas, secara otomatis membuat baterai HP cepat habis.

Solusinya, atur penggunaan HP. Jika dirasa sudah mulai panas, segera istirahatkan HP sobat.

4. Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Penghemat baterai HP selanjutnya adalah menghindari penggunaan live walllpaper.

Memang dengan menggunakan live wallpaper tampilan layar HP kelihatan lebih keren dan enak dilihat. Namun taukah anda bahwa hal tersebut menjadi salah satu penyebab borosnya baterai HP.

Lebih pilih mana? layar HP kelihatan bagus tapi boros baterai, atau tampilan layar biasa saja tapi hemat baterai?

5. Gunakan Wallpaper Mode Gelap

Masih seputar wallpaper. Setelah menghindari penggunaan live wallpaper, langkah selanjutnya adalah menggunakan wallpaper gelap.

Kenapa wallpaper gelap? karena kecerahan layar dan warna wallpaper berpengaruh terhadap pemakaian baterai HP.

Layar HP smartphone terbagi menjadi 2 type, yaitu Amoled dan LCD. Jika type layar HP anda LCD, maka hal ini tidak terlalu membuat khawatir. Tetapi jika jenis layar HP anda adalah Amoled (seperti HP merk samsung), maka ada baiknya anda memperhatikan hal ini.

Layar HP dengan type Amoled beroperasi dengan illuminating individual pixels. artinya : warna gelap seperti hitam atau abu-abu tidak membutuhkan banyak penerangan sebagaimana warna putih dan warna cerah lainnya.

6. Matikan GPS

Kenapa harus mematikan GPS? Karena menghidupkan GPS, dimanapun anda berada maka lokasi secara otomatis akan diperbarui. inilah yang menjadikan baterai HP cepat habis.

Lebih baik mengaktifkan GPS hanya ketika dibutuhkan, misal mau menggunakan google maps, update status di sosial media dan ingin tag lokasi dan lain sebagainya.

Termasuk hal penting yang perlu diperhatikan. Hindari aplikasi yang memerlukan konfirmasi keberadaan lokasi anda! Aplikasi seperti ini tidak akan berjalan atau tidak bisa sepenuhnya bisa diakses jika lokasi tidak terkonfirmasi.

7. Hindari Auto Brightness

Mengaktifkan kecerahan layar secara otomatis memang memudahkan dalam penggunaan smartphone. Karena kecerahan layar akan redup dan terang menyesuaikan lingkungan di mana anda berada.

Namun mengaktifkan fitur ini akan berakibat fatal pada baterai HP.

Saran saya, untuk menghemat baterai HP anda, matikan fitur ini dan setting kecerahan layar HP secara manual!

8. Nonaktifkan Fitur Pintar/Gestur

HP smartphone keluaran terbaru, kebanyakan sudah disematkan fitur-fitur pintar seperti ini. Misalnya, jika sobat ingin mengakses kamera cukup gambarkan huruf O pada layar HP, screenshot cukup dengan menggesek 3 jari ke bawah, dll.

sangat mudah bukan hal tersebut? Tapi lagi-lagi fitur seperti ini membebani daya baterai HP anda.
Toh, dengan mematikan fitur ini, sobat masih bisa mengakses dengan cara lain alias manual.

9. Nonaktifkan Fitur Getaran

HP bergetar saat mendapatkan notifikasi pesan atau panggilan yang masuk menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis.

Tidak masalah jika hanya mendapatkan notifikasi beberapa kali dalam sekali. Tapi, bagaimana jika anda aktif di berbagai sosial media dan mendapat banyak notifikasi yang masuk?
Perlu diperhatikan bukan?

Agar baterai HP tahan lama, nonaktifkan saja fitur getar atau vibrate! anda bisa gunakan fitur suara saja dalam menerima notifikasi SMS, pesan di sosial media, dan telepon.

Menghemat baterai HP dengan cara ini dapat digunakan untuk semua merk HP.

10. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis yang saya maksud di sini adalah fitur google aps. Akun google yang kita gunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi di android, Secara berkala akan melakukan sinkronisasi secara otomatisndi belakang layar.

Ada baiknya sobat mengecek akun google, dan mematikan beberapa aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak butuh untuk disinkronisasi otomatis.

Bagaimana mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi-aplikasi google aps?

  1. Masuk pengaturan
  2. Pilih menu akun, biasanya di bagian bawah, tapi bukan paling bawah
  3. Klik akun google
  4. Setelah mengkilk akun google, anda akan menemukan daftar aplikasi yang disinkronisasi secara otomatis
  5. Selanjutnya, nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu disinkronisasi otomatis

11. Matikan Aplikasi yang Berpotensi Banyak Menyerap Daya Baterai

Banyaknya aplikasi yang diinstal di HP merupakan salah salah satu sebab baterai cepat habis, selain itu juga menjadikan HP lemot.

Sebaiknya anda selalu mengecek aplikasi yang berjalan di belakang layar, terutama ketika merasa batarai HP cepat habis.

Caranya :

  1. Masuk pengaturan
  2. Pilih menu baterai
  3. Klik penggunaan baterai

Selanjutnya bisa dilihat aplikasi apa saja yang banyak menguras batarai HP. Silahkan uninstal atau kalau aplikasi tersebut sangat dibutuhkan, bisa anda batasi penggunaannya secara bijak.

12. Matikan Fitur Smart Stay

Apa itu Smart Stay?

Smart Stay adalah fitur yang membuat layar ponsel terus menyala selama anda menatap layar.

Kebanyakan smartphone sudah ditanamkan fitur ini, terutama HP merk Samsung. Jadi, biar baterai HP tetap awet, segera matikan fitur ini!

13. Matikan Fitur Briefing

Sebaiknya anda matikan saja fitur ini karena berimbas terhadap pemakaian baterai. di sisi lain, kontennya sering tidak sesuai dengan apa yang dimaksud.

Sebab setiap kali membuka fitur ini dan tidak sengaja tergeser, maka dengan otomatis Briefing ini akan melakukan sinkronisasi data.

14. Matikan Fitur yang Sudah Tidak Digunakan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar slogan hemat air, hemat listrik, matikan jika sudah tidak digunakan, dll.

Hal ini juga berlaku dalam penggunakan smartphone. jika fitur di ponsel sudah tidak digunakan, sebaiknya matikan fitur tersebut. seperti bluetooth, Wifi, dan NFC.

Fitur-Fitur di atas sangat menguras baterai HP jika masih menyala dan tidak digunakan. Sebagai contoh, Wifi yang dibiarkan aktif akan terus mencari koneksi Wifi. Dan hal ini kan menguras daya baterai HP.

Tapi jika anda sedang menyambung Wifi, maka matikan data internet!

Sangat mudah cara mematikan fitur-fitur di atas.

Anda cukup tarik layar paling atas ke bawah. Akan mucul bilah atau pengaturan cepat. Silahkan matikan koneksi-koneksi yang sudah tidak digunakan.

15. Kurangi Widget

Banyak menginstal di layar HP sangat tidak disarankan. Pasalnya, hal tersebut menjadikan baterai HP cepat habis.

Kenapa demikian? Karena widget seperti cuaca, gmail, bookmars dll melakukan sinkronisasi dan memperbarui data secara otomatis

Maka, sebaiknya anda kurangi widget di layar HP! Saya rasa dengan sedikitnya widget, tampilan HP menjadi simple. 🙂

16. Gunakan Charger Original

Walaupun sama-sama menggunakan charger berkapasaitas 2.0 atau 3.0 ampere. belum tentu membuat baterai HP anda awet sebagaimana menggunakan charger original.

Perlu dihindari penggunaan charger yang tidak original, karena sangat berdampak buruk terhadap baterai dan HP itu sendiri.

Di antara dampak buruknya: HP jadi panas ketika dicas, baterai cepat habis, pengisian batarai lama, dll.

Maka, gunakan charger original bawaan HP jika hal-hal buruk di atas tidak ingin terjadi pada HP anda!

17. Selalu Update Aplikasi

Tips selanjutnya, update aplikasi yang sudah anda instal di HP!

Kenapa? karena pihak developers atau pembuat aplikasi senantiasa memperbaiki dan mengoptimalkan apliaksi yang mereka buat.

Pemakaian aplikasi yang tidak terupdate atau usang bisa menjadi pemicu baterai HP cepat habis, sebab aplikasi tersebut tidak optimal dalam pengoperasian.

Kabar baiknya, anda tidak perlu mengupdate aplikasi satu-persatu. saya kasih tips agar aplikasi bisa update otomatis. caranya :

  1. Buka Google Play Store
  2. Pilih setelan
  3. Pilih Update aplikasi secara otomatis
  4. Klik melalui wifi saja (Saya sarankan opsi ini)

18. Matikan Tethering

Di saat daya baterai tidak terlalu banyak, sebaiknya jangan menyalakan tethering!

Menyalakan tethering atau hotspot pribadi akan mengakibatkan baterai HP cepat habis. Maka, nyalakan tethering di saat baterai HP sobat dalam kondisi penuh atau masih bnyak!

19. Atur Layar HP Agar Mati Lebih Cepat

Mungkin kita terbiasa meletakkan HP yang sudah tidak digunakan tanpa mensleepnya terlebih dahulu. Cukup mengandalkan settingan layar yang secara otomatis akan mati dalam beberapa waktu tertentu.

Dan anda sudah tahu, bahwa tampilan layar yang lama menyala otomatis akan memakan daya baterai lebih banyak. Oleh karena itu, cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah memperpendek waktu menyala layar HP.

Pilih waktu menyala layar HP sesingkat mungkin! Pilihannya mulai 15 detik, 30 detik, 1 menit dst.

20. Aktifkan Modus Pesawat

Ketika anda berada di tempat yang sangat sulit menjangkau sinyal dan tidak ada koneksi wifi, sebaiknya aktifkan mode pesawat!

Jika tidak, maka baterai HP akan cepat habis, karena HP akan terus mencari sinyal.

Atau di saat anda sedang santai dan tidak menggunakan HP bisa mengaktifkan mode pesawat juga.

Itulah artikel seputar cara menghemat baterai HP Smartphone agar tidak cepat habis. Sebenarnya di Play Store ada beberapa aplikasi penghemat baterai, tapi tidak kami cantumkan di sini. Alasannya, menginstal aplikasi berarti menambah beban RAM HP. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar